Ketika Seorang Public Relations menjadi Tim Sukses Calon Gubernur, Apa Saja yang mereka Lakukan ?

Tujuan seorang Public Relations adalah ”membentuk goodwill, toleransi (tolerance), saling kerjasama (mutual understanding) dan saling menghargai (mutual appreciation) serta memperoleh opini public yang favorable, image yang tepat berdasarkan prinsip-prinsip hubungan yang haronis baik hubungan kedalam (internal relations) maupun hubungan keluar (external relations)” (Ruslan, 1999:31)

Dan Fungsi PR antara lain adalah sebagai berikut :

1.  mengetahui secara pasti dan mengevaluasi pendapat umum yang berkaitan dengan organisasinya

2.  menasehati para eksekutif mengenai cara-cara menangani pendapat umum yang timbul

3. menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi pendapat umum

 

Melihat Fungsi Public Relations diatas Berbagai cara Calon Gubernur lakukan dari mulai Kampanye, melakukan kegiatan, Promosi. Hingga pada akhirnya seorang Calon Gubernur mempunyai Tim Sukses seorang Pubic Relations yang dapat menghandle semua kegiatan Calon Gubernur. Sekarang ini Public Relations bukan saja seorang yang bisa memperbaiki Citra Perusahaan, tetapi sekarang seorang Public Relations bisa meningkatkan Citra pada diri seseorang. Dimana seorang Public Relations harus memanage waktu seorang Calon Gubernur, dari mulai Kampanye, Promosi-Promosi, hingga kegiatan Calon Gubernur. Seorang Public Relations harus bisa membuat rakyat percaya bahwa Calon Gubernur itu seorang yang pantas memimpin, bukan hanya “omong doang” tetapi real bahwa kinerjanya sangat baik. Dan dapat memperbaiki suatu wilayah menjadi lebih baik. Berbagai kegiatan dilakukan oleh Seorang Public Relations diantaranya Jogging Sehat bersama Calon Gubernur, Santunan Anak Yatim. Semua dilakukan agar terciptanya Citra Positif bagi Calon Gubernur.  Bagaimanapun cara nya Public Relations harus bisa menaikan Citra pada diri seseorang, tentunya dengan diimbangi kinerja yang baik seorang Calon Gubernur. Jadi disini seorang Public Relations harus bekerja sama dengan calon Gubernur, dimana disatu sisi harus klop. Tidak mungkin seorang Public Relations membagus-baguskan Calon Gubernur, jika kenyataannya tidak baik dalam hal kinerja, begitupun sebaliknya.

Analisis :

Menjadi seorang Public Relations bukan hanya membuat citra Perusahaan menjadi Positif, tetapi bisa juga membangun Citra Seseorang menjadi Positif.

http://manajemenkomunikasi.blogspot.com/2008/01/tujuan-dan-fungsi-public-relations.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s