Alexa Versus Google Analytics

Dalam pergelutan dunia maya terdapat beberapa perusahaan yang sengaja diproduksi untuk bertugas sebagai pemberi informasi tentang jumlah pengunjung dalam suatu situs internet. Dua perusahaan yang dinilai cukup baik adalah Alexa dan Google analytics.

Alexa adalah perusahaan yang berasal dari California yang dibentuk oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat pada 1996. Sedangkan Google analytics adalah perusahaan yang bergerak di bidang yang sama yang diproduksi oleh perusahaan mesin pencari ternama yaitu google.

Perbedaan yang sangat terlihat di awali dari home website masing-masing. Bila di analisis dari sisi unsur ke rincian data. Google analytics lebih unggul dari alexa terlihat dari diagram yang langsung muncul padahalaman home nya ini pun yang menunggulkan dari segi kepraktisan.

Namun Alexa memiliki keunggulan pula dilihat dari insur branding image yang di milikinya. Pengguna website sejatinya lebih mempercayai hasil yang dirangkum oleh alexa karena alexa dinilai sebagai perusahaan yang berdiri lebih awal.

Fenomena ini dapat di ambil prespektifnya dalam dunia ke PR an. Unsur kreatifitas yang dimiliki PR harus sebanding dengan kekayaan wawasan , wawasan dalam alexa dan google analytics adalah berupa kayanya data yang dimiliki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s