beriklan lewat online

1. Direct Advertising

Image

Sumber : http://www.luce-dale.com/

Iklan ini berisikan tentang produk – produk yang dipromosikan melalui media online dalam pemilik media atau pemasang iklan tersebut dapat berhubungan langsung dengan konsumen untuk mengetahui barang yang dipromosikan melalui media online. Kelebihan direct advertising ini bisa cepat proses promosinya Kekurangannya yaitu kurang luasnya proses pemasarannya.

2. Self-service Advertising

Image

Sumber : http://www.luce-dale.com

Bentuk iklan ini yaitu berupa materi iklan, yang dilakukan oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan di Online. Kelebihan: Menggunakan bentuk iklan ini pemasang iklan dapat menjelaskan produk melalui blog yang dimiliki, dengan disertai gambar produk atau jasa yang dipromosikan kepada konsumen. Namun Kekurangannya adalahTidak bisa mengetahui secara langsung produk yang dipromosikan melalui media online atau memprediksi pasar, karena dilakukannya secara mandiri oleh perusahaan di dalam sebuah blog dan sebagainya.

3. Ad Networks

Image

Sumber : http://www.tribalfusion.com/tfcompany/events

Iklan ini menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin.

Kelebihan: Pemasangan iklan ini tidak terlalu mahal, karena hanya menempatkan iklan diposisi yang sudah ditentukan pemilik web. Kekurangan: Jumlah pasar tidak terlalu banyak

4. Contextual Advertising

Image

Sumber : http://www.google.com

Dalam bentuk ini, Iklan tidak ditampilkan secara rinci, tetapi telah dipilih secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. kelebihannya yaitu Jika posisi iklan secara otomatis oleh sistem sesuai produk yang dipromosikan, maka akan memiliki kemungkinan untuk dilihat banyak pengguna internet atau calon konsumen. sedangkan untuk kekurangannya, yaitu karna Dipilihnya secara otomatis oleh sistem, pasar konsumen tidak bisa ditentukan oleh pemasang iklan.

5. Twitter Advertising

Image

Sumber : http://profy.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2008/12/sayso-twitter-ad.png

Iklan ini merupakan iklan yang berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada para pengguna yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih.kelebihannya yaitu twitter merupakan salah satu situs jejaring sosial yang dapat diketahui oleh para pengguna, ini memungkinkan produk/jasa yang diiklankan akan banyak dikunjungi oleh pengguna/calon konsumen. sedangkan untuk kekurangannya sendiri adalah Terkadang pengguna twitter lebih mengabaikan iklan karena lebih fokus pada konten dari twitter itu sendiri.

6. In-Text Advertising

Image

Sumber : http://profy.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2008/12/sayso-twitter-ad.png

Sistem in-text advertising secara otomatis yang menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website.

Kelebihan: Link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna jika menggunakan kunci kata yang tepat.

Kekurangan: proses pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang iklan.

7. Ad Network Optimization

Image

Sumber : http://a.markosweb.com/screenshots/5/3/9/53977.jpg

Jasa iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya.

Kelebihan: Persaingan promosi iklan ini lebih karena dari tiap perusahaan pasti memiliki ide yang kreatif

Kekurangan: Tidak semua produk yang diiklankan dapat menggunakan bentuk ini, terutama perusahaan kecil.

8. Rep Ad Agencies

Image

Sumber : http://fmmarketinghelp.com/

Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar.

Kelebihan: Memudahkan untuk mempromosikan produk/jasa ,serta adanya prediksi-prediksi terlebih dahulu.

Kekurangan: Biaya pengeluaran iklan lebih besar, karena melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.

9. Social Advertising

Image

Sumber : http://pixelmaverick.com/wp-content/uploads/2010/04/TwitterAds1.png

Iklan untuk social media ini Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman.

Kelebihan:kebanyakan yang promosi melalui iklan ini yaitu orang yang suka mempromosikan melalui media online

Kekurangan : Harus mempunyai iklan yang dipasang di website lain agar memudahkan proses promosi dan dapat dikenal oleh konsumen.

10. Video Advertising

Image

Sumber :http://video.search.yahoo.com/video/play;_ylt=A0S00MhkGthQQiQA9H_7w8QF;_ylu=X3oDMTBvMGQzcTByBHNlYwNzcgRzbGsDdmlkBHZ0aWQDVjEzMg–?p=iklan+video&vid=d01e00ffcb5925556ba8bd4f82283272&l=&turl=http://ts4.mm.bing.net/th%3Fid%3DV.4711167642894611%26pid%3D15.1&rurl=http://facedl.com/fvideo.php%3Ff%3Dakkwqonqowx

iklan ini berisikan tentang promosi makanan yang di konsumsi oleh para anak sehingga model iklannya oleh fay Nabila dari salah satu mantan perserta Indonesia mencari bakat.

Kelebihannya :iklan ini bisa cepat dikenal oleh para konsumen

Kekurangannya : para konsumen suka mengabaikan iklan ini

11. RSS Advertising

Image

Sumber :http://www.toprankblog.com/2006/09/monetizing-with-feedvertising/

Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu.

Kelebihan: Dapat menyesuaikan penempatan iklan melalui kebutuhan yang sudah ditentukan.

Kekurangan: Tidak dapat dilihat oleh semua pengguna internet, karena telah diklasifikasikan terlebih dahulu.

12. Sponsorship

Image

Sumber : http://img.youtube.com/vi/2d8VmpRpNgQ/0.jpg

Dalam iklan ini merupakan salah satu sponsor bola dari Madrid sehingga model iklannya kebanyakan oleh para pemain sepak bola dari Madrid.

Kelebihan : Lebih efektif jika dipakai ketika mensponsori event-event yang berkaitan dengan produk.

Kekurangan : Penjelasan mengenai produk/jasa tidak ada. Karena biasanya hanya berbentuk produk.
Leave a Comment
December 19, 2012
konvergensi teknologi dan optimalisasi cyber PR

Berbicara mengnai konvergensi maka kita akan berbicara mengenai penggabungan, penyatuan, atau perpaduan antara dua barang atau lebih yang digabungkan menjadi satu kemudian menghasilkan satu barang baru yang memiliki satu atau dua fungsi yang lebih dari barang yang sebelumnya. Dan ketika konvergensi ini merujuk pada teknologi yang belum terpisah seperti suara pada fitur telfon, video pada fitur aplikasi dan gambar pada fitur kamera, yang kemudian digabungkan, mka lahirlah yang namanya media multi fungsi, satu namun memiliki berbagai macam fungsi.

Tak bisa dipungkiri, saat ini perangkat dan teknologi saling terhubung. Sejak 10 tahun lalu, perangkat dan teknologi sudah melebur jadi satu, meski kualitasnya masih rendah. Kita bisa lihat, saat itu kamera di ponsel masih VGA. Tapi sekitar 2006 hingga 2007, teknologi semakin berkembang. Kamera yang dulu hanya VGA, lambat laun mulai beralih ke Megapixel. Tapi, kovergensi itu tidak hanya terjadi dari kamera ke ponsel. Semuanya semakin diperbaiki, mulai dari aplikasi hingga fitur-fitur di dalamnya.

Pointnya adalah konvergensi itu semakin baik dan tidak hanya untuk kualitas foto, tapi musik pun juga mengalaminya. Jadi bukan hanya foto tapi aplikasi pendukung lainnya di ponsel juga bisa diolah. Untuk musik sendiri, sekitar enam atau tujuh tahun lalu, baru ada versi polifonik tapi kini format MP3 sudah bisa ditemui di ponsel. Bahkan ada ponsel musik dan itu bukti konvergensi. MP3 player juga bisa di hubungkan ke ponsel. Saat ini konvergensi sangat simple, misalnya saja perpindahan dari infrared ke bluetooth dan tentu terus berkembang serta tidak berhenti sampai di situ.

Namun hal yang perlu di ngat adalah, apapun masalahnya, bagaimanapun benda itu di buat dan memberikan manfaat tentu akan melahirkan juga dampak.

Dampak konvergensi teknologi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun pemerintah masih belum terlihat secara jelas. Hal ini mungkin disebabkan oleh belum termanfaatkannya teknologi konvergensi secara optimal. Di sisi lain pemerintah hanya terlihat adanya usaha yang mengarah kepada pemahaman serta tindakan antisipasi terhadap konvergensi teknologi, seperti adanya survey untuk konvergensi teknologi, seperti adanya survey untuk melihat layanan-layanan yang bisa diberikan oleh konvergensi teknologi. Sedangkan masyarakat Indonesia secara umum masih belum memahami teknologi konvergensi dan hanya memanfaatkan layanan-layanan yang tersedia (yang disediakan oleh providernya). Sebagian kecil saja yang menyadari bahwa konvergensi teknologi bisa meningkatkan akses ke komunikasi mengurangi biaya serta merangsang pertumbuhan ekonomi.

Namun dampak yang cukup signifikan dan bisa di lihat tapi banyak yang tidak menyadarinya adalah terjadinya perubahan dalam gaya hidup sehari-hari, antara lain terlihat melalui: Munculnya “gaya hidup digital” dan gaya “hidup on line ” dengan penggunaan komputer dan LAN secara meluas, paperless office , real time data (untuk ATM dan Banking system ,Airline reservation, dsb). Memasyarakatnya “ cybermedia ” dan “ cybersociety ” sejalan dengan meluasnya pemakaian internet, aplikasi chatting , e-mail, dan e-commerce serta e-banking . Munculnya “gaya hidup mobile ” . gaya hidup ‘mobil society” inilah yang harus disadari dan di optimalisasi oleh PR sebagai upaya meningkatkan eksistensi dari perusahaannya. Seorang PR bisa mengoptimalisasikan fungsi serta kegunaan media jejaring sosial seperti twitter atau pun facebook, untuk menginformasikan berbagai kegiatan positif yang di usung perusahaannnya, selain memberikan berbagai kuis serta reward yang akan menarik pengunjung lebih banyak pada perusahaannya tersebut. Di samping itu dengan gaya hidup yang mobile, seorang PR pun dapat bertemu klien dan bekerja secara mobile ketika ada kepentingan mendadak tanpa harus berdiam diri dikantor. Seorang PR harus mengikuti perkembangan teknoilogi dengan mengikuti perubahan gadget yang terjadi untuk memudahkannya bekerja secara mobile dan mngefektifkan “Cyber PR”. Disamping itu konvergensi teknologi ini juga dapat memudahkan PR untuk mengabadikan berbagai moment penting dimanapun dan kapan pun sehingga masyarakat / society dapat terus mengupdate berbagai kegiatan dan informasi dari perusahaan dan tempat PR itu bekerja.

Menjadi seorang PR yang melek teknologi dan update gadget adalah suatu keharusan, karna teknologi berkembang begitu cepat, dan secepat it pula lah PR harus mengikuti perkembangan yang terjadi yang tentunya harus juga di landaskan pada realistis kebutuhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s