Konvergensi Public Relations

Tidak bisa dipungkiri, sekarang Teknologi amat menggenggam dunia. Tidak seorang pun yang bisa lari dari Teknologi. Bangun tidur yang dicari bukan apa-apa tetapi langsung melihat Handphone, kita ingin mengetahui tentang berita atau sesuatu hal kita tinggal membuka Laptop langsung searching di Google dan kita bisa mendapatkan berita atau informasi yang kita inginkan. Begitupun dengan seorang Public Relationstidak bisa jauh dari Konvergensi Media. Zaman dahulu Public Relations membuat majalah Perusahaan, Press Realise dengan Media Cetak. Tetapi  sekarang Public Relations bisa membuat berita tentang Perusahaannya bisa melalui Media Online seperti web. Bisa dilihat dari sini bahwa teknologi itu bukan mundur melainkan maju. Jika seorang atasan memberitahu informasi akan ada rapat dadakan, tidak usah membuat surat. Kita bisa langsung saja share informasi via Group BBM (Blackberry Massanger).

   Dahulu kita menerima E-mail hanya bisa melalui Laptop atau Komputer, tetapi sekarang dengan menggunakan Smart Phone kita bisa mendapatkan E-mail dengan cara cepat. Hanya dengan 1 media kita bisa mendapatkan fasilitas yang diinginkan. Menanggapi Konvergensi Media, seorang Public Relations pun tidak bisa keenakan menggunakan media yang sudah modern, dan melupakan media yang lama. Jika dalam suatu perusahaan menggunakan Majalah sebagai media Informasi, maka kita harus mempertahankannya. Jadi kita membuat suatu berita menggunakan media cetak yaitu Majalah, dan media online yaitu web. Karena tidak semua segmentasi bisa membukaweb dan majalah. Jadi ada 2 fasilitas yang digunakan. Jika orang tersebut ingin mengetahui berita lewat majalah maka majalah perusahaan pun tersedia. Bagi mereka yang tidak mau membuka majalah, bisa searching web nya saja. Zaman dahuli jika kita seorang Public Relationsingin mengiklankan suatu produk perusahaan, maka yang kita cari adalah koran. Tetapi sekarang kita bisa mengiklankan melalui media online, bisa melalui Rumah Bagus, kaskus, web khusus penjualan dan masih banyak lagi.

       Media online lainnya yang bisa dimanfaatkan yaitu Twitter dan Facebook dimana kita bisa menggunakan media tersebut untuk berjualan. Seperti yang banyak sekarang dilakukan yaitu Online Shop. Seorang Public Relations harus pintar-pintar memilah-milah media yang digunakan untuk kemajuan Perusahaannya. Dan tidak boleh ketinggalan teknologi, sebisa mungkin jika ada teknologi atau media online yang baru kita harus mengikutinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s