Tugas Cyber PR (Blog) Social Media

Collaborative projects: Wikipedia

1

 

Wikipedia merupakan merek dagang Yayasan Wikimedia yang juga membawahi proyek multibahasa seperti Wikiquote (koleksi kutipan), Wiktionary (kamus dan tesaurus), Wikisource (perpustakaan naskah), Wikibooks (buku teks), Wikinews (sumber berita), Wikispecies (direktori spesies), dan Wikiversity (bahan belajar). Di seluruh dunia, kini ada 67.000 kontributor aktif yang mengerjakan 4.600.000 artikel pada lebih dari 100 bahasa. Wikipedia terbesar adalah versi bahasa Inggris yang saat ini memiliki 1.532.057 artikel.

Semua isi Wikipedia dilindung General Public Licence (GNU) Free Documentation License (Lisensi dokumentasi bebas GNU atau GNU FDL). Ribuan proyek gratisan berada di bawah GNU FDL, tetapi Wikipedia inilah yang merupakan proyek dokumentasi terbesar GNU FDL.

Karena Wikipedia adalah proyek radikal yang bebas dan terbuka, ia menarik unsur anarkis,” pengakuan Larry Sanger kepada Wired News. “Untungnya, banyak dari kita yang berkeinginan untuk bertahan terhadap perusakan dan menyingkirkannya dengan segera.” Salah satu nya adalah Wikipedia “perusakan” atau vandalisme; kekonyolan atau menyinggung artikel situs ini. Ada banyak orang yang melakukannya hanya demi mendapatkan pengalaman mengubah halaman internet.

Bagi fungsi PR dalam sebuah perusahaan baik instansi swasta maupun pemerintah, adanya wikipedia dapat dijadikan sebagai untuk memberikan informasi kepda khlayak atau audience ramai tentang hal apa yang telah dilakukan perusahaan, sejauh mana prospek yang telah dilakukan perusahaan, dan rencana yang akan datang yang akan dilakukan oleh sebuah perusahaan. Dalam konteks kegunaan dan fungsi PR bagi aktifitas dan sarana kegiatan masyarakat.

Dampak positif dan negatif dari adanya Wikipedia

  • Violence and Gore Menampilkan Kekejaman dan kesadisan dari gambar-gambar,  Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
  • Secara bebas dapat menulis artikel dengan tanpa mengikuti syarat dan prosedur, ibaratnya berarti infomrasi yang ditampilkan oleh wikipedia belum tentu jelas sumbernya dan msih patut diragukan
  • Untuk mencari informasi secara umum sangat membantu karena, dapat mempermudah seseorang dalam meningkatkan ilmu memperoleh informasi dari wikipedia.

 

2.       Blogs and microblogs: Twitter

2

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Fungsi PR dapat memaksimalkan kerjaan dan tugas mereka dalam mengahadapi dunia globalisasi, memudahkan interaksi antara satu klien dengan klien yang lainnya, begitu juga dengan rekan-rekan dan partner kerja nya, tetapi perlu diingat komunikasi yang paling efektif adalah tatap muka secara langsung, namun untuk permasalahan pada saat zaman sekarang ini PR dituntu untuk cepat, cekatan, dan proffesional, artinya proffesional ini PR hars bisa mengembani dan mengimbangi kerjaanya dalam bidangnya untuk memaksimalkan fasilitas-fasilitas modern yang sudah ada dalam mengembangkan kinerja nya baik dalam jangka pendek dan jangka dalam waktu yang panjang.

Dampak positif dan negatif dari adanya Twitter

  • Komunikasi yang efektif adalah tatap muka secara langsung, artinya media online yang ditampilkan yaitu twitter, membentuk dan merubah gaya komunikasi secara tatap langsung menjadi komunikasi tidak tatp langsung (melalui media online).
  • Terjadinya budaya atau pola pikir ketergantungan akan selalu membuka dan mengikuti status yang dibuat oleh orang lain untuk di follow up terus jika berita tersebut sedang trend dan hot topics news. Disini akan timbul perlahan-lahan budaya konsumtif.

 

3.       Content communities: Yotube

3

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.

Semua orang bisa mengakses berbagai macam video yang telah di unggah oleh orang banyak. Pemanfaatan youtube ini dapat  berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai macam tutorial ataupun mengunggah video yang kita punya, bila youtube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi pengguna.

Dampak positif dan negatif dari adanya Twitter

  • Dapat memudahkan pengguna untuk mencari video tutorial
  • Bisa menjadi penggebrak artis dadakan secara tiba-tiba, menampilkan video iklan dan lipsing
  • Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik
  • Dijadikan tempat untuk mencari video porno

 

4.       Social networking sites: (Facebook)

4

Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Bagi fungsi PR adanya fasilitas media online facebook ini sama seperti twitter dalam mengahadapi dunia globalisasi, memudahkan interaksi antara satu klien dengan klien yang lainnya, begitu juga dengan rekan-rekan dan partner kerja nya, tetapi perlu diingat komunikasi yang paling efektif adalah tatap muka secara langsung, namun untuk permasalahan pada saat zaman sekarang ini PR dituntu untuk cepat, cekatan, dan proffesional, artinya proffesional ini PR hars bisa mengembani dan mengimbangi kerjaanya dalam bidangnya untuk memaksimalkan fasilitas-fasilitas modern yang sudah ada dalam mengembangkan kinerja nya baik dalam jangka pendek dan jangka dalam waktu yang panjang. Namun tidak lupa media online seperti ini selalu mengandung sisi kelemahan dan kekurangannya yaitu berupa dampak yang ditumbulkannya.

 

Dampak positif dan negatif dari adanya Facebook

  • Pertama, menurunkan kinerja. Ini akan menganggu akifitas kerja, krena bisa menurunkan semangat seseorang dalam bekerja karena keasikan mengakses salah satu media jejaring sosial ini yaitu facebook.
  • Kedua, perhatian terhadap keluarga berkurang. Lebih sering aktifitasnya didunia maya, ketimbang dengan dunia sebenarnya dalam artian dunia nyata.
  • Ketiga, terjadinya jaringan kehidupan sosial. Terbnetuknya dan lahirnya banyak komunitas-komunitas jaringan online baru di dalam media sosial ini.
  • Keempat, batasan ranah pribadi dan sosial menjadi kabur. Tidak adanya batasan privacy karena menurut pengguna atau sesorang mereka lebih enak mengekspresikan diri mereka lewat online, ketimbang didunia nyata.
  • Kelima, bocornya data rahasia pada khalayak.
  • Keenam, terjadinya pornografi.
  • Ketujuh, pemanfaatan untuk kegiatan negatif.
  • Kedelapan, dapat terjadi kesalahpahaman.
  • Kesembilan, mempengaruhi kesehatan.
  • Kesepuluh, penipuan.

 

5.       Virtual game worlds: (World of Warcraft)

5

World of Warcraft (umumnya disebut WoW) adalah permainan massively multiplayer online role-playing game (MMORPG). Permainan ini adalah permainan keempat Blizzard Entertainment dalam dunia Warcraft, dengan permainan pertama dari seri Warcraft yang diperkenalkan adalah Warcraft: Orcs & Humans tahun 1994. World of Warcraft terjadi di dunia Azeroth.

Empat tahun setelah kesimpulan Warcraft III: The Frozen Throne. Blizzard Entertainment mengumumkan World of Warcraft pada tanggal 2 September 2001. Permainan ini dirilis pada tanggal 23 November 2004, merayakan ulang tahun ke-10 Warcraft. Permainan ini adalah permainan MMORPG terbesar di dunia.

Manfaat dari bermain game World Of Warcraft di antaranya  :

  • Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
  • Membangun semangat kerja sama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamers-gamers lainnya secara multiplayer.
  • Bagi manula (lansia) , bisa mengurangi efek kepikunan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.
  • Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah atau tugas
  • Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi.
  • Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
  • Mengakrabkan hubungan anak dan orangtua. Dengan main bersama, terjalin komunikasi satu sama lain.
  • Bisa membantu memulihkan kesehatan untuk beberapa kasus penyembuhan.
  • Melatih kepekaan, melatih problem solving, berpikir logis dan kreatif, dan yang paling berpengaruh adalah secara tidak langsung kita belajar bahasa Inggris.

Dampak yang ditimbulkannya

Mengarah kepada kesehatan bagi si pengguna dan yang mengakses World of Warcraft

 

6.       Virtual social worlds: (Second Life)

6

Second Life atau Kehidupan Kedua (bahasa Indonesia) adalah dunia maya berbasis internet dan diluncurkan pada tahun 2003. Second Life dikembangkan oleh perusahaan riset Linden Research, Inc (sering disebut juga sebagai lab Linden), komunitas maya ini menjadi perhatian dunia saat diliput oleh media berita pada akhir tahun 2006 dan awal 2007. Sebuah program yang diberi nama “Pratayang Kehidupan Kedua” (Second Life Viewer) dapat diunduh saat penggunanya ingin menamakan dirinya “Penghuni” (Residents). Hal ini memungkinkan penghuni satu dan lainnya untuk saling berinteraksi melalui avatar-avatar yang dapat bergerak. Second Life memungkinkan penggunanya untuk memiliki jaringan sosial berbasis internet.

Second Life dibangun ke dalam perangkat lunak yang memiliki permodelan berbasis tiga dimensi di sekitar bentuk-bentuk geometris sederhana yang memungkinkan penghuni untuk membangun objek virtual. Ini dapat digunakan dalam kombinasi dengan Linden Scripting Language yang dapat digunakan untuk menambahkan fungsionalitas ke obyek.

Dalam hal ini fasilitas ini bisa digunakan bagi fungsi PR bisa jadi di massa yang akan datang, karena diciptakan nya banyak kemudahan yaitu virtual-virtual yang mengarah kepada kehidupan kedua.Memudahkan seorang PR dalam interaksi kepada seluruh orang tanpa mengorbankan banyak aktu dan hanya mengeluarkan waktu yang sedikit, tetapi mungkin untuk alat ini harus mengeluarkan biaya yang agaksedikit mahal karena seperti kyang kita ketahui biaya pembuatan virtual sebuah alat tidaklah murah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s